Wednesday, 21 September 2016

Ekspresi yang terkandung pada setiap jenis huruf

Dalam pemilihan jenis huruf kadang kala tidak sesuai dengan pesan yang akan disampaikan, sehingga pesan tidak tersampaikan dengan baik. Keharmonisan atau kesesuaian antara pesan dan jenis huruf menjadi hal yang sangat penting, dengan demikian harus dipahami terlebih dahulu pesannya, kemudian diperlukan kepekaan dalam memilih jenis huruf yang sesuai dengan pesan tersebut. Sehingga ide, konsep atau pemikiran yang disampaikan dalam sebuah pesan dapat diterima dengan baik, selain itu kesan yang tersirat pun sesuai dengan yang diharapkan.

Sebagai contoh, untuk laporan resmi seperti laporan hasil ilmiah, skripsi dll harusnya menggunakan jenis huruf yang formal, tertib dan konsisten dalam penggunaannya. Jika tidak maka akan terkesan hasil laporan seperti dibuat tidak dengan sungguh-sungguh.

Ekspresi yang terkandung pada setiap jenis huruf seperti contoh dibawah...

Ekspresi yang terkandung pada setiap jenis huruf


Studi tentang huruf tidak hanya terbatas pada ungkapan ekspresi huruf, tapi berbagai hal yang berhubungan dengan kejelasan pembacaan dan display, yaitu :
  1. Huruf untuk arsitektur (bangunan),
  2. Huruf untuk tampilan pada layar monitor,
  3. Tampilan WEB,
  4. Huruf untuk buku,
  5. Untuk majalah
  6. dll.
Beberapa hal yang berkaitan dengan persepsi jenis huruf antara lain,
  1. Kejelasan pembacaan huruf,
  2. Lama pembacaan dan tingkat keletihan mata saat pembacaan artikel,
  3. Jarak antar huruf,
  4. Besar huruf standar untuk buku, majalah. web dll
Biasanya jenis huruf san serif lebih mudah dibaca dari pada jenis huruf serif dan dekoratif, sehingga penggunaan jenis huruf sanserif lebih banyak dipakai untuk berbagai kepentingan. Untuk membedakan tingkat kemudahan pembacaan 3 jenis huruf tersebut lihat gambar dibawah,

Ekspresi yang terkandung pada setiap jenis huruf


Dari gambar diatas terlihat bahwa jenis huruf dekoratif lebih sulit dibaca daripada jenis huruf yang lain.Jenis huruf serif baik untuk digunakan pada dispaly buku, karena untuk pembacaan yang lama tidak meletihkan mata.

Contoh huruf untuk buku adalah Times New Roman dengan ukuran 12pt. Bila terlalu kecil akan sulit terbaca. Sedang huruf sanserif cocok digunakan untuk display poster, billboard dll namun kurang baik untuk buku.

baca juga jenis-jenis huruf.

No comments:

Post a Comment