Tuesday, 7 August 2018

Alasan Menyimpan Format .PSD pada Adobe Photoshop

Logo Format .PSD | ristofa.com
Logo format .psd


ristofa.com - PSD (Photoshop Document), format file ini adalah format bawaan dokumen Adobe Photoshop. Format ini mampu menyimpan semua informasi yang ada setelah kita membuat lembar kerja Photoshop, sehingga suatu saat dapat dibuka dan diedit kembali.

Untuk itu sangat dianjurkan selain menyimpan hasil kerja Photoshop dalam bentuk .JPEG (untuk preview), simpan juga dalam bentuk .psd. Dengan syarat semua layer belum di-flatten atau merge. 

File dengan format .psd mendukung sepenuhnya fitur canggih yang ada di Photoshop. Seperti Layer, Layer Mask, Layer Adjust, Link, dan lainnya. File .psd merupakan pilihan terbaik untuk menyimpan file master lembar kerja desain kita. Jika suatu saat ada revisi kita tidak perlu membuat ulang desain.

Keuntungan lain menyimpan dengan format .psd, file ini bisa diimpor langsung ke hampir semua produk Adobe, seperti Adobe Illustrator, Adobe InDesign, Adobe Photoshop, Adobe After Effect dll. Jadi saat kita melakukan perubahan pada file yang diimpor (.psd), maka otomatis akan berpengaruh pada editing yang ada pada lembar kerja Adobe lainnya.

Dengan banyaknya info yang tersimpan pada format .psd, maka salah satu kelemahan format .psd adalah banyak menghabiskan memory harddisk. Namun dengan segala kemudahan yang di dapat, tidak ada masalah jika memerlukan memori lebih (menurut saya).


No comments:

Post a comment